Dalam Satu Hari Pemkab Sumedang Tandatangani Kerja Sama dengan Dua Daerah Terkait SPBE

JNC Sumedang – Perjanjian Kerjasama terkait dengan SPBE atau atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, dilakukan Pemkab Sumedang dengan dua daerah pada Selasa 31 Mei 2022.

Pemerintah Kabupaten Sumedang menerima kunjungan studi komparatif dari dua kabupaten dan menandatangani kerja sama terkait  transformasi digital (SPBE) dengan super aplikasi e-Office.

Perwakilan dari dua Pemerintah Kabupaten tersebut yakni Kabupaten Lebak dan Kabupaten Sukabumi diterima di Pendopo Setda oleh Sekda Kabupaten Sumedang Herman Suryatman.

Dalam keterangannya Sekda Herman Suryatman mengatakan, kegiatan tersebut tidak sekedar menjalin kesepakatan bersama saja, melainkan juga untuk  saling mengenal, mempelajari dan saling berbagi pengalaman dan pengetahuan.

“Pemkab Sumedang tidak ingin maju sendiri, tapi maju bersama-sama dengan daerah lainnya sesuai dengan filosofi Sumedang “Insun Medal, Insun Madangan” yang artinya “aku lahir, aku memberikan penerangan,” ujarnya.

Baca Juga  Manfaatkan Tanah Carik Desa Untuk Mako Brimob Polda Jabar, ini Yang Dilakukan Kapolres Sumedang

Sekda menyebutkan, kunjungan dan kesepekatan bersama itu merupakan bentuk inisiatif pemimpin daerah dalam memajukan daerahnya melalui transformasi digital dalam implementasi SPBE dlam rangka mengakselerasi pelayanan publik sehingga nilai Indeks Pelayanan Publik Pemerintah Daerahnya dapat meningkat.

“Sumedang saat ini one step ahead. Mudahan-mudahan Indeksnya tidak hanya 3,8 tetapi bisa menembus empat sehingga teknologi ini bisa mempercepat berbagai layanan publik,” kata Sekda.

Sementara itu, Sekda Sukabumi Ade Suryaman menyampaikan, dengan mempelajari SPBE di Kabupaten Sumedang dan lainnya diharapkan bisa lebih meningkatkan terhadap kemampuan pelayanan publik di Kabupaten Sukabumi.

“Keren dan luar biasa. Insyaallah, setelah kunjungan ini semuanya akan kita laksanakan transformasi digital seperti Merit System dan lain-lain. Kalau kita bandingkan, Sumedang sudah lebih jauh. Kita ke sini untuk berguru agar ada peningkatan pelayanan di  Sukabumi,” katanya.

Baca Juga  Meriahkan HUT RI Ke 77, Polres Sumedang Gelar Turnamen Bulutangkis Kapolres Cup 2

Pada kesempatan yang sama, Sekda Kabupaten Lebak Budi Santoso juga menyampaikan bahwa Kabupaten Sumedang kondisinya sangat mirip dengan Kabupaten Lebak, baik dari segi pemerintahan, pembangunan maupun geografisnya.

“Sumedang dan Lebak ini hampir sama geografi dan topografinya tapi prestasi Lebak jauh dibawah Sumedang. Saya harapkan, setelah di sini tentu harus ada perubahan untuk Kabupaten Lebak,” katanya.

Kesepakatan bersama tersebut, lanjutnya, merupakan bentuk upaya pimpinan daerah dalam mengurangi kompetisi dengan memperbanyak kolaborasi.

“Pada akhirnya bentuk kerjasama ini dapat memajukan pelayanan publik untuk Kabupaten Lebak,” ucapnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *