Dibalik Megahnya Masjid Al Kamil Jatigede, Ada Curhatan Warga dan Resiko Longsor

Masjid Al Kamil Jatigede di Panenjoan pesisir Waduk Jatigede (sumber foto: Facebook)

JNC Sumedang – Masjid Al Kamil Jatigede tepatnya di Panenjoan pesisir waduk Jatigede dan rencana pembangunan Menara Kujang Sapasang di lokasi yang sama, menjadi daya tarik wisata warga pada liburan lebaran di Sumedang beberapa waktu yang lalu.

Momen terbaik warga Sumedang dan luar Sumedang untuk menikmati wisata yang disediakan Pemerintah mendapat apresiasi berbagai pihak.

Namun demikian, ada terselip curhatan warga yang dipublish oleh akun facebook @naysajunior pada 4 Mei 2022, dengan emotion sedih.

Curhatan dari warga yang menyebutkan bahwa ada tenaga yang tidak dibayar atas pembangunan masjid Al-Kamil di Panenjoan Jatigede, mengundang rasa penasaran publik.

Curhatan tersebut disampaikan dalam bentuk capture dari status WhatApp yang diunggah pertama kali oleh akun Naysa Junior, dan kemudian dibagian oleh banyak pihak.

Baca Juga  Jadwal Buka Puasa Untuk Wilayah Sumedang dan Sekitarnya 23 April 2022

“Say sad dibalik keindahan mesjid Alkamil ada keringat dan tenaga yang tidak dibayar. Disaat orang lain sedang dengan keindahannya akoh mh sedik pami ngalangkung kadinya teh bororaah hoyong kadinya, (dengan emotion sedih),” kata akun tersebut yang diunggah pada 4 Mei 2022 pukul 17:01 WIB.

Hingga berita ini dipublikasikan, postingan tesebut sudah dibagikan sebagai 37 kali dengan komentar puluhan orang.

Rasa penasaran netizen yang turut membagikan, apakah informasi ini benar?

Jika benar, maka harus segera diselesaikan sehingga tidak berbuat kedzoliman dalam pembuatan masjid yang sangat keren ini.

Namun jika postingan ini tidak benar, maka diharapkan agar segera klarifikasi atas ketidakbenarannya. Sehingga tidak mencoreng nama baik Sumedang, termasuk nama baik Gubernur Jawa Barat sebagai inisiator pembangunan masjid tersebut.

Baca Juga  Alun-Alun Sumedang Ruang Ekspresi Potensi Seni dan Budaya Warga

Tim Redaksi JatiNetwork.Com berusaha untuk menghubungi pemilik akun tersebut, namun tidak mendapatkan Jawaban.

Dari Profilnya, orang yang mempublish ini berjenis kelamin perempuan dan memiliki suami yang bekerja di Bali, namun asli orang Sumedang.

Tim juga melakukan penelusuran tentang siapa pemenang tender mega proyek ini.

Dari lpse.Sumedangkab.go.id, diperoleh data sebagai berikut:

Nama Tender : Pembangunan Masjid Al-Kamil Panenjoan Kecamatan Jatigede (Bantprov)
Jenis Pengadaan : Pekerjaan Konstruksi
K/L/PD : Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang
Satuan Kerja : DINAS PERUMAHAN KAWASAN PERMUKIMAN DAN PERTANAHAN
Pagu : Rp. 45.000.000.000,00
HPS : Rp. 44.511.982.903,80

Nama Pemenang : PT. Indi Daya Karya
Alamat : RDTX Tower Lt. 11 Unit F, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. E. No. 6 Mega Kuningan Kel. Karet Kuningan Kec. Setia Budi, Jakarta Selatan – Jakarta Selatan (Kota) – DKI Jakarta
NPWP : 82.660.156.9-015.000
Harga Penawaran : Rp. 42.662.822.099,59
Harga Negosiasi : Rp. 42.612.173.773,49

Baca Juga  Forprov Jabar 2022 Digelar di Kabupaten Sumedang

Berdasarkan penelusuran lebih lanjut, pemilik dan sekaligus CEO dari perusahaan ini berinisial BS. Namun demikian, Redaksi belum bisa menghubungi yang bersangkutan melalui Link Media Sosialnya.

Tim juga mencoba menghubungi Dinas Perkimtan (DPKPP) Kabupaten Sumedang, sebagai leading sektor pembangunan, namun tetap belum mendapatkan jawaban.

Selain hal tersebut, netizen di facebook juga ada yang menyampaikan kekhawatiran terjadinya longsor, mengingat di pinggir masjid tersebut gundul.***

Respon (3)

  1. Maaf min…saya tau akun tersebut dan saya kenal orangnya, karna kebetulan masih tetangga saya, dan saya ada no contac nya, dan memang betul beliau pun pernah cerita sama saya tentang hal ini, tentang suaminya yg kerja gk di bayar.

  2. Maaf min… Saya kenal sama yg punya akun tersebut karna kbtulan dia tetangga saya. Dan memang benar dia sempat cerita jga sama saya klo suaminya kerja di sana seminggu gk di bayar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *