Fosil Kerang Purba di Sumedang, Budi Akbar: Perkiraan Usianya 1,5 Juta Tahun

JNC Sumedang – Penemuan baru, Fosil Kerang Purba, kembali diperoleh Bidang Kebudayaan pada Disparbudpora Kabupaten Sumedang.

Usianya diperkirakan mencapai 1,5 Juta Tahun.

Lokasi penemuan berada di Bukit Pasir Ipis Desa Darmawangi Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang.

Demikian disampaikan Budi Akbar, Kepala Bidang Kebudayaan pada Disparbudpora Kabupaten Sumedang, beberapa waktu lalu.

Budi menyebut, adanya penemuan fosil kerang purba, membuat kuat dugaan bila wilayah Desa Darmawangi Kecamatan Tomo dahulunya merupakan lautan yang kini telah berubah menjadi daratan.

Penemuan kerang laut tersebut dilakukan oleh para penggarap lahan secara tidak sengaja.

“Jadi pada tahun 2021 kemarin itu, fosil kerang laut sejenis Moluska, ditemukan awalnya oleh penggarap atau petani tembakau di lahannya berupa percikan bebatuan putih berserakan,” kata Budi.

Baca Juga  Polres Sumedang Ungkap Tindak Pidana Pencabulan Anak Dibawah Umur oleh Tukang Roti Keliling di Situraja Sumedang

Dari bebatuan kecil yang berserakan itu, sambung Budi, lalu si petani melaporkan ke desa, dan pihak desa melaporkan ke Bidang Kebudayaan.

Tim dari Bidang Kebudayaan pun langsung terjun ke lapangan untuk mengecek kebenaran bebatuan itu.

“Setelah sampai di lokasi, kami langsung berkordinasi dengan pihak desa untuk meminta tenaga lokal membantu kami dalam melakukan ekskavasi. Ternyata, di lahan kebun tembakau itu ada bukit Ipis namanya, lalu kami naik ke atas bukit untuk melihat situasi dan kondisi di sana,” jelas Budi.

Saat itu, kata Budi, dari atas bukit tampak rumput ilalang yang sudah habis terbakar karena kemarau tinggi.

Hal itu, jelas memudahkan untuk ekskavasi, setelah mengecek titik mana yang akan di ekskavasi lalu memutuskan dua titik yang harus diekskavasi.

Baca Juga  Jadwal Imsak Untuk Wilayah Sumedang dan Sekitarnya 23 April 2022

Kerang Laut Jenis Moluska Diduga Berusia 1,5 juta tahun

“Hasilnya, luar biasa, dari dua titik yang di ekskavasi itu, kami menemukan kerang laut jenis Moluska yang berumur diduga sudah 1,5 juta tahun yang silam menurut ahli geologi. Kami langsung mengamankan tempat bukit itu, dan kami pun mendapatkan dua karung kerang laut purbakala untuk lebih lanjut diteliti oleh ahli geologi,” tuturnya.

Hasil kajian ahli geologi, kata Budi, mengatakan bahwa jenis bebatuan itu adalah kerang laut sejenis dengan Moluska yang di taksir umurnya sudah 1,5 juta tahun.

“Dari hasil temuan tersebut, segera kami pun melakukan koordinasi dengan balai arkeolog, dan memperlihatkan hasil temuan kami. Alhamdulillah, dari tim ahli arkéologi pun datang ke Sumedang lalu menuju ke lokasi Desa Darmawangi Kecamatan Tomo,” terangnya.***

Baca Juga  Turunkan Angka Stunting, Pemkab Sumedang Gelar Rembuk Stunting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *