Longsor Di Sumedang: Akibat Hujan Lebat Jalan Tomo – Jatigede Hampir Putus

JNC Sumedang – Hampir setiap hujan lebat dan besar, bahaya longsor di Sumedang mengintai. Beberapa longsor menyebabkan rumah rusak, sawah rusak, namun kali di ini di Tomo-Jatigede, Jalan rusak.

Akibat Hujan lebat ini, mengakibatkan jalan terkikis hingga panjang 20 meter lebih.

Informasi ini disampaikan oleh Kasi Humas Polres Sumedang, kepada Redaksi JNC Sumedang, 20 April 2022.

“Pada hari Selasa, 19 April 2022, hujan lebat mengguyur wilayah Kecamatan Tomo mulai dari sore sampai malam hari sehingga mengakibatkan adanya pergeseran tanah pada tebing jalan raya Tolengas-Jatigede,” katanya.

“Pergeseran tanah diakibatkan hujan deras dan debit air sungai Cisaar Wetan bertambah sehingga mengikis tebing jalan dengan ukuran panjang 20 meter, tinggi 4 meter dengan lebar 2 meter dan menghabiskan setengah badan jalan,” tambah Dedi.

Baca Juga  Polres Sumedang Berhasil Ungkap Pelaku Curanmor, Kapolres: Yang Merasa Kehilangan Hubungi Polres

Untuk diketahui Jalur tersebut juga merupakan jalur tambang pasir serta jalur angkutan material batu dari Gunung Julang ke Proyek Bendungan Cipanas Ujungjaya sehingga beban berat kendaraan juga menyebabkan adanya penurunan tanah.

Saat ini jalur yang mengalami longsor tersebut hanya bisa dilewati satu jalur sehingga diberlakukan buka tutup jalur.

Pihak Kepolisian menghimbau kepada masyarakat yang akan melintas jalur tersebut agar tetap waspada dan hati-hati karena longsor masih berpotensi terjadi.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *