Lulus Kuliah Langsung Jadi ASN, Pilih Politeknik Pelayaran Banten

Acara Sosialisasi Seleksi Penerimaan Taruna pada Politeknik Pelayaran Banten dihadiri Wakil Bupati Sumedang

JNC Sumedang – Politeknik Pelayaran Banten, bisa menjadi alternatif bagi muda-mudi yang berminat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Beberapa Sekolah Kedinasan bisa menjadi pilihan, sehingga ketika lulus kuliah, langsung menjadi ASN.

Jika sebelumnya ada IPDN, AKPOL, STAN dan lain sebagainya, kini hadir pula Sekolah Kedinasan dari Kementerian Perhubungan, Politeknik Pelayaran Banten.

Hal tersebut terungkap saat sosialisasi sekolah kedinasan tersebut di Hotel Asri, Sumedang yang disampaikan Direktur PoltekPel Panten, Heru Widada, M.M.

“Kini, Kami dari Kementerian Perhubungan membuka pendaftaran bagi calon Taruna atau Taruni, untuk adik-adik yang saat ini lulus SMA atau MA jurusan IPA,” katanya.

PoltekPel Banten, yang berada di Kabupaten Tangerang Banten merupakan salah satu Sekolah Kedinasan, yang menyelenggarakan seleksi secara bersamaan dengan Sekolah Kedinasan lainnya.

Sehingga calon peserta didik, hanya diperbolehkan untuk mengikuti seleksi pada satu Sekolah Kedinasan saja.

“Jika Anda mendaftar ke Politeknik Pelayaran Banten, Anda tidak bisa secara bersamaan daftar ke Perguruan Tinggi atau Sekolah Kedinasan lain,” pungkasnya

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan berharap anak muda Sumedang banyak yang lulus pada Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni  (SIPENCATAR) untuk menjadi ASN di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Baca Juga  Stok Pangan Jelang Ramadhan 1443 H di Sumedang Aman

“Saya harap banyak anak muda Sumedang yang lolos SIPENCATAR ini sehingga setelah lulus pendidikan dapat bekerja sebagai ASN di lingkungan Kemenhub,” ujarnya.

Dikatakan, sosialisasi tersebut bertujuan untuk mempublikasikan penerimaan calon taruna/taruni Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan Tahun 2022 kepada generasi muda khususnya di Kabupaten Sumedang yang memenuhi syarat berkarir menjadi ASN.

“Saya mengimbau kepada para peserta sosialisasi agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan seoptimal mungkin, dengan harapan agar para siswa siswi setelah lulus sekolah dapat mengikuti seleksi taruna/taruni serta dinyatakan lulus,” ujar Wabup.

Wabup berharap para peserta sosialisasi yang berasal SMA maupun MA di wilayah Kabupaten Sumedang dapat mendaftar dan mengikuti tahapan seleksinya sehingga dinyatakan lulus dan menjadi ASN di bidang transportasi.

“Ini adalah peluang yang sayang untuk dilewatkan. Saya harap banyak alumni SMA dan MA yang ikut seleksi dan bisa berkarir sebagai ASN bidang transportasi,” katanya.

Ketua Panitia Pelaksana Sosialisasi Anisah M.M,  menyebutkan, tujuan dari sosialisasi adalah untuk menyebarluaskan informasi dan menarik minat generasi muda berkarir sebagai ASN di bidang transportasi melalui SIPENCATAR Pembibitan Kemenhub yang dilaksanakan oleh Politeknik Pelayaran Banten.

Baca Juga  Sambut Bulan Suci Ramadhan, Warga Citali Gelar Tradisi Gembrong Liwet

“Peserta sosialisasi yaitu perwakilan Kepala Sekolah/Guru dan Siswa SMA dan MA Jurusan IPA di wilayah Sumedang,” ujarnya.

Direktur Politeknik Pelayaran Banten Heru Widada M.M mengatakan, Politeknik Pelayaran Banten atau Poltekpel Banten merupakan transformasi kelembagaan yang sebelumnya bernama Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Tangerang atau BP2IP Tangerang.

“Program studi yang saat ini dimiliki Poltekpel Banten dan sudah terakreditasi BAN PT adalah Diploma III Studi Nautika, Diploma III Permesinan Kapal dan Diploma III Manajemen Transportasi Laut. Selain itu, ada Diklat-Diklat Kepelautan yang sebelumnya diselenggarakan ketika kelembagaan masih BP2IP Tangerang, ” jelasnya.

Dijelaskan Heru, SIPENCATAR sendiri merupakan rangkaian kegiatan penerimaan Calon Taruna/Taruni pada Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan yang terdiri atas beberapa tahapan seleksi dengan penerapan sistem gugur.

“Pola Pembibitan merupakan jalur Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni yang dilaksanakan secara terpusat dan serentak oleh Kementerian Perhubungan dalam rangka mengisi formasi telah ditetapkan oleh Menteri yang menyelenggarakan urusan di bidang pendayagunaan aparatur negara,” ungkapnya.

Baca Juga  Wujudkan Pegawai Profesional dan Kompeten, Pemkab Sumedang Gelar Pembekalan CPNS dan PPPK

Masih Dikatakan Heru, Poltekpel Banten  mendapat kepercayaan alokasi atau kuota Calon Taruna Pola Pembibitan yang dinyatakan lulus tahapan seleksi untuk dididik dan dibekali keterampilan, keahlian dan pembangunan karakter sebelum mengabdi menjadi Aparatur Sipil Negara.

“Kesempatan emas ini janganlah disia-siakan. Jika kita ingin mencapai tujuan yang tinggi, maka kita harus mengambil peluang yang ada di hadapan kita. Kali ini salah satu peluang yang ada di depan kalian yaitu Seleksi Penerimaan Calon Taruna Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut diserahkan cindera mata dari Direktur Poltekpel Banten kepada Wakil Bupati Sumedang.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *