Manfaatkan DBH CHT, Pemda Sumedang Bantu Kelompok Tani Tembakau Dengan Sarana Mesin Cultivator

Manfaatkan DBH CHT, Dinas Pertanian berikan bantuan sarana mesin kepada Kelompok Tani Tembakau di Sumedang (JNC Sumedang/JangRama)

JNC Sumedang – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, salurkan 11 unit mesin cultivator (mesin pengolahan lahan pertanian darat), kepada kelompok tani di lima kecamatan.

Penyaluran bantuan peralatan tani ini, secara simbolis diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang, H. Sajidin, di halaman kantornya, Kamis, 21 Juli 2022.

Sajidin menyebutkan, bantuan alat pertanian ini, merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah dalam mendorong peningkatan produktivitas pertanian di wilayah Kabupaten Sumedang.

“Barusan kami telah menyerahkan bantuan alat pertanian untuk 11 kelompok tani. Mesin cultivator ini, nantinya akan membantu memudahkan para petani dalam mengolah lahan-lahan pertanian,” ujar Sajidin.

Baca Juga  Jadwal Buka Puasa Untuk Wilayah Sumedang dan Sekitarnya 29 April 2022

Bantuan alat pengolahan lahan ini, kata Sajidin, bersumber dari dua anggaran, anggaran pertama berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) untuk 10 unit, dan anggaran kedua bersumber dari anggaran Pagu Indikatif Kewilayahan (PIK) untuk 1 unit.

Khusus yang bersumber dari DBHCHT, sambung Sajidin, 10 unit mesin cultivator tersebut diperuntukkan khusus bagi para petani tembakau yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI).

Selain untuk membantu para petani dalam mengoptimalkan pengolahan lahan, bantuan alat jenis mesin cultivator ini, diharapkan dapat merangsang generasi muda agar tertarik untuk menjalani usaha pertanian.

Maka dari itu, Sajidin berpesan kepada para penerima bantuan, supaya dapat memanfaatkan mesin cultivator ini dengan sebaik mungkin untuk kemajuan usaha pertanian di wilayah Kabupaten Sumedang.

Baca Juga  Bupati Sumedang Resmikan Pondok Pesantren Al-Ma'rifat Darmaraja

“Saat ini tenaga kerja di sektor pertanian sudah mulai sulit, namun dengan adanya bantuan ini diharapkan bisa lebih memudahkan para petani dalam melakukan pengolahan lahan. Jadi tolong pelihara mesin ini dengan sebaik mungkin,” tutur Sajidin.

Sajidin juga menambahkan, terkait bantuan untuk petani tembakau, selain memberikan 10 unit mesin cultivator, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang juga sebelumnya telah memberikan bantuan alat-alat pertanian jenis lainnya.

“Khusus untuk bantuan bagi petani tembakau, selain 10 unit mesin cultivator ini, kami juga sebelumnya telah memberikan bantuan berupa 8 unit mesin handtractor, dan 10 unit pompa air sesuai yang diajukan kelompok,” tuturnya. (Taufik Rahman)*

Dilengkapi foto Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, H. Sajidin, sedang memberikan arahan kepada para kelompok tani yang akan menerima bantuan mesin cultivator.***

Baca Juga  Fosil Kerang Purba di Sumedang, Budi Akbar: Perkiraan Usianya 1,5 Juta Tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *