Pemkab Sukabumi dan Lebak Berguru e-Gov ke Kabupaten Sumedang

JNC Sumedang – Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Pemerintah Kabupaten Lebak secara bersamaan melakukan studi komparatif e-Gov yakni terkait penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan ke Pemerintah Kabupaten Sumedang, Selasa 31 Mei 2022.

Dengan dipimpin masing-masing Sekda, rombongan studi banding diterima oleh Sekda Sumedang Herman Suryatman di Pendopo IPP Setda Kabupaten Sumedang.

Beberapa hal yang didalami dalam pertemuan tersebut antara lain terkait transformasi digital implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang dikemas dalam ekspose dan diskusi.

Acara ditutup dengan penandatanganan kesepakatan dan melihat secara langsung simulasi berbagai aplikasi layanan di Command Center Kabupaten Sumedang.

Sekda Sukabumi Ade Suryaman  mengatakan, maksud dan tujuan kedatangannya adalah untuk berguru mencari ilmu ke Kabupaten Sumedang.

Baca Juga  Bupati Sumedang: MPLS Percepat Adaptasi Siswa Dengan Sekolahnya

“Dengan mempelajari SPBE di Kabupaten Sumedang seperti Merit System dan hal lainnya diharapkan bisa lebih meningkatkan terhadap kemampuan pelayanan publik di Kabupaten Sukabumi,” katanya.

Setelah kunjungan tersebut, pihaknya akan menerapkan transformasi digital sebagaimana dilakukan Pemkab Sumedang.

“Kalau kita bandingkan, Kabupaten Sumedang sudah lebih jauh dari kami. Kita ke sini untuk berguru agar pelayanan di Sukabumi lebih meningkat,” katanya.

Sementara Sekda Kabupaten Lebak Budi Santoso juga menyampaikan, kesepakatan bersama itu merupakan bentuk upaya pimpinan daerah dalam mengurangi kompetisi dengan memperbanyak kolaborasi sehingga bentuk kerja sama itu dapat memajukan pelayanan publik untuk Kabupaten Lebak.

“Sumedang dan Lebak kondisi geografi dan topografinya hampir sampa. Tapi prestasi Lebak berada jauh di bawah Kabupaten Sumedang. Saya harapkan, setelah disini harus ada perubahan untuk Kabupaten Lebak,” ujarnya.

Baca Juga  Kesempatan Bagi Honorer di Sumedang, Lowongan Kerja PPPK Tahun 2022 Dibuka Kembali

Sementara itu, Sekda Sumedang Herman Suryatman menyampaikan bahwa Kabupaten Sukabumi, Lebak dan Sumedang saat ini tengah bergairah dan bergerak untuk terus bertumbuh.

Menurutnya, kerja sama antar daerah esensinya adalah saling mengisi dan saling menguatkan sehingga daerah bisa terus bertumbuh menjadi daerah yang maju.

“Bukan hanya menunggu pembinaan dan arahan dari provinsi atau Jakarta tetapi juga inisiatif antar kabupaten atau kota. Saya kira ini hal yang sangat bagus sekali. Kami pun membuka diri kepada Lebak dan  Sukabumi untuk belajar ke Sumedang. Dan nanti kami pun akan belajar ke Lebak dan Sukabumi,” katanya.

Sekda menyebutkan, kunjungan dan kesepakatan bersama merupakan bentuk inisiatif pemimpin daerah dalam memajukan daerahnya melalui transformasi digital dalam implementasi SPBE.

Baca Juga  Sumedang Jadi Tuan Rumah Muswil ICMI Jawa Barat Tahun 2022

“Dengan adanya kesepakatan bersama ini, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Lebak dapat mengakselerasi pelayanan publik sehingga nilai indeks Pemerintah Daerahnya dapat meningkat,” ujarnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *