Sambut Bulan Suci Ramadhan, Warga Citali Gelar Tradisi Gembrong Liwet

Bupati Sumedang dan rombongan hadir di acara Tradisi Gembrong Nasi Liwet di Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang

JNC Sumedang – Menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1443 H, Warga Dusun Cikubang Desa Citali Kecamatan Pamulihan menggelar Tradisi Gembrong Liwet di lapangan Sepak Bola Adi Jaya Cikupa Desa Citali Kecamatan Pamulihan, Kamis 31 Maret 2022.

Dengan beralaskan daun pisang dan menu khas nasi liwet seperti ikan asin, goreng jengkol, tahu tempe, lalapan dan sambal, warga yang terdiri dari kaum ibu, orang tua dan anak-anak serta remaja makan bersama dalam kelompok-kelompok kecil dengan suasana suka cita.

Kepala Desa Citali Nana Suryana mengatakan, Gembrong Liwet sudah menjadi tradisi tahunan bagi warga di Dusun Cikubang Desa Citali sebagai wujud ekspresi kegembiraan menyambut datangnya bulan Ramadan.

Baca Juga  Bekali ASN Sumedang dengan Ilmu Agama, Pemda adakan Pesantren dan I'tikaf Ramadan

“Tradisi makan bersama ini secara turun-temurun dilaksanakan tiap tahun dan dikemas oleh Konservasi Seni Budaya Wahana Satia Sunda yang kemudian diberi nama Gembrong Liwet,” ujarnya.

Ia menambahkan, acara Gembrong Liwet kali ini lebih meriah karena bertepatan dengan Gebyar Desa di Desa Citali.

“Setiap tahun pesertanya selalu bertambah. Jumlah peserta Gembrong Liwet hari ini ada 34 grup,” tuturnya.

Dikatakan Nana, kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai upaya pelestarian budaya, juga untuk mempererat tali silaturahmi, kekeluargaan dan kegotongroyongan serta berbagi rejeki dengan sesama.

“Melalui event Gembrong Liwet ini, diharapkan bisa lebih menumbuhkan dan mengembangkan kebersamaan serta nilai-nilai persatuan dan kesatuan Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyampaikan apresiasi positif serta mendukung penuh tersebut seraya berharap bisa terus berlanjut tiap tahunnya.

Baca Juga  Bupati Sumedang Rayakan Ulang Tahun Pernikahan ke 20

“Teruskan event ini. Mudah-mudahan pelaksanaan setiap tahun elaksanaannya semakin berkualitas dan semakin baik lagi,” tuturnya.

Bupati menyebutkan, esensi dari Gembrong Liwet adalah semangat kebersamaan dan kegotongroyongannya untuk melestarikan budaya yang dimiliki, terlebih sudah dipatenkan melalui HAKI sehingga memiliki kekuatan hukum.

“Sekarang sudah dikukuhkan dengan HAKI. Ini memiliki kekuatan hukum bahwa Gembrong Liwet adalah asli dari Citali Kecamatan Pamulihan,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, tokoh masyarakat Umuh Muchtar, Ketua TP PKK Kabupaten Sumedang Susi Gantini, Asda I Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika, Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat Dedi Budiman, Ketua DPMD Provinsi Jabar Diki Sahroni, Camat Pamulihan Hery Harjadinata beserta Forkopimcam, dan para Kades se-Kecamatan Pamulihan.***

Baca Juga  Hari Kearsipan Nasional 2022, Momentum Memupuk Rasa Cinta Tanah Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *