Tol Cisumdawu Seksi 2 Batal Digunakan Jelang Lebaran 1443 H dan MTQ Jabar 2022, Ini Penjelasan Polisi dan Pihak CKJT

Kaplres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto saat berada di longsoran Jalan Tol Cisumdawu, Selasa 29 Maret 2022

JNC Sumedang – Jalan Tol Cisumdawu Seksi 2 yang menghubungkan Pamulihan dengan Sumedang Kota, batal dibuka jelang Lebaran 1443 H atau Lebaran tahun 2022.

Padahal sebelumnya pihak pengelola Jalan Tol Cisumdawu akan berusaha untuk melakukan percepatan pembangunan, mengingat selain Lebaran juga ada even akbar di Sumedang pada akhir Mei 2022, yakni MTQ Jabar 2022.

Pembatalan pembukaan jalan tol tersebut disampaikan oleh Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto usai melakukan pengecekan seluruh jalur di Sumedang dalam rangka persiapan Operasi Ketupat 2022.

Kepada JNC Sumedang, Kapolres melalui Kasie Humas Polres Sumedang AKP Dedi Juhana menyampaikan kendala pembatalan tersebut karena ada longsor yang perlu segera mendapatkan tindakan, dan tidak bisa buru-buru.

Baca Juga  Polres Sumedang Gelar Operasi Patuh Lodaya 2022 Selama 14 Hari Sejak Hari Ini

Lokasi longsor, sebagaimana disampaikan Dedi adalah di Dea Sirnamulya Kecamatan Sumedang Utara.

“Betul, tadi Pak Kapolres bersama dengan Tim, melakukan pengecekan jalur Tol Cisumdawu untuk persiapan Operasi Ketupat 2022, sayangnya jalur tersebut terimbas longsor di Desa Sirnamulya,” kata Dedi.

“Dengan kejadian ini, ruas tol seksi 2 yang semula direncakan akan dibuka pada arus mudik lebaran 2022, kembali urung,” tambahnya.

Longsoran sepanjang 550 meter di daerah Desa Sirnamulya Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang, akibat hujan lebat beberapa hari yang lalu.

“Hasil pengecekan dan keterangan dari pihak WIKA sebagai kontraktor bahwa perbaikan longsoran kemungkinan besar tidak akan selesai sebelum lebaran tahun 2022, diperkirakan jalan Tol tersebut akan selesai pada bulan Agustus tahun 2022,” terang dia.

Baca Juga  HUT Bhayangkara 2022: Kapolres Sumedang Lakukan Anjangsana Kepada Personil Polres Sumedang Yang Dalam Keadaan Sakit

Namun demikian, Kata Dedi, jalur ini walaupun tidak bisa digunakan sebagai jalur utama mudik 2022, tetap bisa digunakan sebagai cadangan jika jalur utama terjadi kemacetan.

“Hingga hari ini pengerjaan terus dikebut, semoga lancar,” pungkasnya.

Sementara itu pihak pengelola Tol Cisumdawu, yakni PT Citra Karya jabar Tol, hingga berita ini diturunkan belum memberikan jawaban atas pertanyaan dari JNC Sumedang.

Direktur Teknik dan Operasi PT CKJT, Ir Bagus Medi Suwarso sebagaimana di kutip dari TiNewss.com, menyampaikan pada awal Maret 2022 bahwa pengerjaan Jalan Tol Cisumdawu Seksi 2 akan di kebut sehingga bisa dipergunakan pada musim lebaran tahun ini dan MTQ Jabar 2022 di Kabupaten Sumedang.

Baca Juga  Bupati: Jadikan Idul Adha 2022 sebagai Spirit Kehidupan

“Untuk lebaran saya yakin dan akan diusahakan,” kata Bagus 8 Maret 2022.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *